Berita terpopuler pada hari Jumat, 12 November 2021 dimulai dari Satuan Tugas Bantuan Likuiditas Bank Indonesia atau Satgas BLBI yang menjawab soal rencana penyitaan aset Tutut Soeharto.

Berikutnya ada berita respons Indodax usai MUI haramkan kripto dan Susi Pudjiastuti menyindir Puan Maharani. Lalu ada tanggapan rektor ITB soal fotonya dijual di NFT dan peresmian Sirkuit Mandalika oleh Presiden Jokowi.

Kelima berita itu terpantau paling banyak diakses oleh para pembaca kanal Ekonomi dan Bisnis Tempo.co. Berikut ringkasan dari kelima berita trending tersebut.

1. Satgas BLBI Sudah Sita Aset Milik Tommy Soeharto, Kapan Giliran Tutut?

Satuan Tugas Penanganan Hak Tagih Negara Dana Bantuan Likuiditas Bank Indonesia atau Satgas BLBI pada pekan lalu sudah bergerak menyita empat aset berupa tanah debitur atas nama PT Timor Putra Nasional (TPN) milik Tommy Soeharto.

Lalu kapan giliran Satgas BLBI menyita aset milik Siti Hardijanti Rukmana alias Tutut Soeharto? Apalagi berdasarkan dokumen penanganan hak tagih negara dana BLBI tertanggal 15 April 2021, nama Tutut termasuk dalam daftar prioritas Satgas.

“Semuanya kita sedang melaksanakan, tapi rencana-rencana itu tentunya tidak bisa kami sampaikan kepada rekan-rekan media,” ujar Direktur Hukum dan Humas Ditjen Kekayaan Negara Kementerian Keuangan Tri Wahyuningsih Retno Mulyani dalam bincang bersama media, Jumat, 12 November 2021.

Simak lebih jauh tentang Tommy Soeharto di sini.

123 Selanjutnya

2. MUI Haramkan Kripto Sebagai Mata Uang, Ini Tanggapan Indodax

Chief Executive Officer (CEO) Indodax Oscar Darmawan mengatakan di Indonesia aset kripto memang bukan dijadikan sebagai mata uang, sebagaimana yang diharamkan Majelis Ulama Indonesia (MUI), melainkan sebagai komoditi.

“Di Indonesia, aset kripto memang bukan untuk mata uang sebagaimana peraturan Bank Indonesia ini juga, sama seperti hasil musyawarah MUI yang mengharamkan kripto sebagai mata uang, karena di Indonesia hanya rupiah mata uang yang diakui. Di Indodax sendiri kita memperdagangkan banyak jenis aset kripto, bahkan volume perdagangan terbesar di Indodax datang dari aset kripto yang punya underlying aset fisik,” ujar Oscar dalam keterangannya di Jakarta, Jumat, 12 November 2021.

Sebelumnya, hasil Ijtima Ulama Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengharamkan penggunaan kripto atau cryptocurrency sebagai mata uang dan tidak sah diperdagangkan. Aset kripto haram sebagai mata uang, namun untuk jenis kripto sebagai komoditi atau aset yang memenuhi syarat sebagai sil’ah dan memiliki underlying serta memiliki manfaat yang jelas, sah untuk diperjualbelikan.

Simak lebih jauh tentang kripto di sini.

3. Sindir Puan, Susi Pudjiastuti: Biasanya Petani Menanam Padi Tidak Hujan-hujanan

Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengomentari berita soal Ketua DPR RI Puan Maharani menanam padi bersama petani saat hujan.

“Biasanya petani menanam padi tidak hujan hujanan,” ujar Susi melalui akun Twitternya @susipudjiastuti, Kamis, 11 November 2021.

Sejumlah warganet di Twitter pun membenarkan cuitan Susi Pudjiastuti. Di antaranya seorang warga net yang menulis ketika ada pekerjaan di sawah atau ladang, petani akan pergi saat hujan databg, Sebab, petani takut ada petir.

Simak lebih jauh tentang Susi Pudjiastuti di sini.

Sebelumnya 123 Selanjutnya

4. Kata Rektor ITB Setelah Viral Fotonya Dijual Sebagai Aset Digital NFT

Rektor Institut Teknologi Bandung (ITB) Reini Wirahadikusumah mengomentari kabar viral mengenai penjualan foto dirinya di platform perdagangan non-fungible token (NFT).

“Karena tidak ada identitas penulis, pesan yang disampaikan menurut saya isinya tidak jelas, termasuk tidak jelas ditujukan kepada siapa. Maka, saya tidak dapat meresponsnya,” ujar Reini dalam keterangan tertulis yang diterima Tempo, Jumat, 12 November 2021.

Namun, kalau pemilik akun adalah mahasiswa ITB, Reini menegaskan pihaknya tidak alergi terhadap kritik. Bahkan, ia mengklaim sering menerima masukan dan bersama-sama mencari solusi.

Simak lebih jauh tentang ITB di sini.

5. Resmikan Sirkuit Mandalika Hari Ini, Jokowi Bakal Jajal Lintasan dengan Motor

Presiden Joko Wododo atau Jokowi akan meresmikan Sirkuit Mandalika di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada hari ini, Jumat, 12 November 2021.

“Iya besok [hari ini] kita akan meresmikan Sirkuit Mandalika dan setelah itu event yang ada di sana bisa berjalan, baik Superbike maupun Moto GP,” kata Jokowi kepada awak media usai menghadiri HUT ke-10 Partai NasDem di Kampus ABN Partai NasDem di Pancoran, Jakarta Selatan, Kamis.

Selain melakukan peresmian, Presiden dikabarkan akan menjajal langsung sirkuit tersebut dengan menggunakan motor yang telah dimodifikasi. Hal itu diketahui dari unggahan video Gubernur NTB Zulkifliemansyah melalui akun media sosialnya.

Simak lebih jauh tentang Jokowi di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.