TEMPO.CO, Jakarta -Jerawat kistik atau yang biasa disebut jerawat batu merupakan jenis jerawat dengan bentuk yang cenderung lebih besar, keras, merah, serta terasa lebih sakit dan gatal daripada jenis jerawat lainnya.

Jerawat jenis ini muncul akibat dari penumpukan minyak dan sel-sel kulit mati di jaringan kulit paling dalam.

Mengutip dari Healthline, jerawat kistik adalah jenis jerawat yang paling serius.

Masalah kulit ini berkembang ketika kista terbentuk jauh di bawah kulit dan bisa terjadi akibat kombinasi bakteri, minyak, dan sel kulit kering yang terperangkap di pori-pori kulit.

Jerawat jenis ini cenderung terjadi pada orang dengan kulit berminyak. Masalah ini pun lebih sering terjadi pada remaja, wanita, dan orang dewasa yang berusia lebih tua dengan hormon yang tidak seimbang.

Tak hanya di wajah, jerawat kistik bisa timbul di dada, punggung, leher, lengan, dan bahu. Jika tidak diatasi dengan benar, jerawat ini bisa semakin parah. Sakit yang dirasakan pun akan meningkat.

Untuk itu, penting mengetahui tanda munculnya jerawat, yaitu:- Benjolan berisi nanah merah- Benjolan putih besar- Jerawat bengkak- Kemerahan di sekitar benjola- Bisul yang menyakitkan saat disentuh- Kulit lembut

WINDA OKTAVIA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.