Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) mengawali perdagangan pada zona merah hari ini, Selasa, 16 November 2021.

Pada Selasa pukul 09.01 WIB, IHSG melemah 0,19 persen atau 12,59 poin ke 6.603,47. Sebanyak 189 saham hijau, 76 saham merah dan 235 saham bergerak stagnan.

Investor asing membukukan aksi jual di seluruh pasar Rp 89,65 miliar. Saham PT Bank Central Asia Tbk. (BBCA) dilepas paling banyak dengan net foreign sell Rp 60,9 miliar, disusul saham PT Bank Rakyat Indonesia Tbk. (BBRI) dijual Rp 34,7 miliar, dan saham PT Bank Jago Tbk. (ARTO) diobral Rp 4,7 miliar.

Adapun saham-saham yang memimpin pelemahan atau di daftar top losers adalah PT Logindo Samudramakmur Tbk. (LEAD) dan PT Wahana Pronatural Tbk. (WAPO). Masing-masing saham melemah 6,67 persen dan 5,65 persen.

Di tengah pelemahan indeks, tiga saham bisa menguat signifikan. Saham PT Kobexindo Tractors Tbk. (KOBX) melejit 20,19 persen, saham PT Bank JTrust Indonesia Tbk. (BCIC) melesat 10,71 persen, dan saham PT Pan Brothers Tbk. (PBRX) naik 9,87 persen.

Sebelumnya, Associate Director of Research and Investment Pilarmas Investindo Sekuritas Maximilianus Nico Demus mengatakan, berdasarkan analisa teknikal, pihaknya melihat saat ini IHSG memiliki peluang bergerak melemah dan diperdagangkan pada 6.550 – 6.675.

“Dari sentimen global data perekonomian China kemarin ternyata lebih baik daripada yang diperkirakan. Penjualan ritel mengalami kenaikkan diikuti dengan produksi industri,” jelas dia dalam riset harian, Selasa.

Menurutnya, data ekonomi yang membaik di Cina membuat situasi dan kondisi lebih baik karena memberikan pelaku pasar global ketenangan bahwa laju ekonomi Cina tidak separah yang dibayangkan.

BISNIS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.