Total knee replacement adalah tindakan yang dilakukan oleh dokter spesialis apabila nyeri sendi lutut yang dialami oleh pasien tidak sembuh-sembuh. Namun, tindakan tersebut bisa dilakukan didukung dengan berbagai macam pemeriksaan yang dilakukan oleh tenaga profesional.

Apa saja gejala awal penyebab operasi sendi lutut dilakukan?

Operasi sendi lutut dilakukan bukan tanpa gejala, karena biasa disebabkan oleh gejala awal seperti sakit lutut. Operasi ini dilakukan karena sakit lutut atau nyeri lutut yang disebabkan oleh cedera dan disertai dengan keluhan lutut terasa kaku, lutut terasa sulit untuk diluruskan dan mengalami pembengkakan.

Penyebab Awal Operasi Sendi Lutut

Jaringan penyusun lutut seperti tulang rawan atau tulang lain bisa terganggu apabila lutut mengalami cedera. Gangguan pada jaringan penyusun lutut akibat cedera bisa berupa ligamen yang terkilir, ligamen lutut robek, tulang rawan robek, bahkan dislokasi tulang tempurung lutut.

Tentu terdapat kondisi lain yang mengakibatkan operasi TKR harus dilakukan, tentu tidak lepas dari peran dokter yang ada. Kondisi tersebut adalah pendarahan yang ada pada sendi lutut dan penyakit-penyakit tertentu.

Penyakit tertentu yang membuat operasi penggantian lutut bisa dilakukan adalah osteoarthritis dan penyakit infeksi pada lutut. Bahkan, kanker yang menyebar ke sendi lutut juga bisa mengakibatkan operasi penggantian lutut dilakukan.

Fungsi dari lutut cukup berat dalam menopang berat tubuh, terlebih sendi lutut sangat rentan untuk mengalami kerusakan. Kondisi tersebut bisa meningkatkan risiko seseorang mengalami cedera atau penyakit pada lutut. Salah satunya adalah seseorang yang mempunyai berat badan berlebih atau obesitas.

Nyeri lutut bisa dialami oleh seseorang yang pernah mengalami cedera lutut, kebiasaan buruk merokok, dan pekerjaan yang mengharuskan sering berlutut seperti mengangkat benda berat.

Gejala Awal Harus Dilakukan Operasi Sendi Lutut

Perlu diketahui, bahwa nyeri lutut dapat muncul seketika saat terjadi cedera atau muncul secara bertahap dan memburuk seiring berjalannya waktu. Adapun tingkat keparahan dari nyeri ini bisa berbeda-beda, karena hal tersebut bergantung pada penyebabnya.

Terdapat beberapa gejala awal yang mengharuskan anda untuk dilakukan operasi sendi lutut oleh dokter spesialis. Beberapa gejala awal yang menyertai sendi lutut adalah lutut yang terasa kaku, bluetooth tampak kemerahan dan terasa hangat, lutut terasa lemah, lutut tidak stabil dan sulit untuk diluruskan, dan lutut mengeluarkan suara gemeretak seperti bunyi kretek kretek.

Kapan harus mengunjungi dokter

Anda bisa segera mengkonsultasikan kepada dokter apabila muncul beberapa gejala nyeri lutut dengan kondisi yang mengkhawatirkan. Kondisi tersebut bisa berupa nyeri lutut yang tidak kunjung membaik dalam kurun waktu 3 hari, dan lutut yang tidak bisa berdiri dengan sempurna atau tidak stabil.

Nyeri lutut yang disertai demam juga harus dilaporkan kepada dokter. Diagnosis nyeri lutut akan dilakukan oleh dokter setelah diketahui beberapa gejala yang timbul. Seperti pada umumnya, penderita obesitas memang lebih rentan mengalami nyeri lutut.

Untuk itu, konsultasi secara dini dengan dokter adalah pilihan yang tepat, karena dokter akan memeriksa lutut yang sakit dengan cara melihat kondisinya. Terdapat pemeriksaan penunjang yang akan dilakukan oleh dokter seperti memeriksa secara Rontgen, pemeriksaan ini dilakukan agar dokter bisa melihat kondisi lutut pasien dan mengetahui penyebab nyerinya.

Apabila dokter telah mengetahui penyebab dari nyeri lutut maka akan dilakukan pengobatan sesuai dengan indikasi. Jika ternyata nyeri lutut yang anda alami adalah nyeri yang sangat parah. Maka mau tidak mau anda harus menjalani operasi sendi lutut atau biasa disebut dengan total knee replacement.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.