Buat kamu yang sedang mencari hunian, informasi mengenai rumah di jual yang ada di sosial media atau iklan pastinya menarik perhatian, nih. Apalagi, jika info tersebut berkaitan dengan pilihan rumah dijual di Jakarta Selatan.

Jakarta Selatan sudah tidak diragukan lagi menjadi salah satu kawasan di Ibu Kota yang cukup vital. Selain dilengkapi dengan banyaknya akses kebutuhan, Jakarta Selatan juga dipenuhi dengan banyak perkantoran yang menjadi daya tarik banyak orang untuk datang.

Maka dari itu, mencari hunian di Jakarta Selatan sering kali menjadi dambaan para pekerja. Namun begitu, ada sejumlah hal yang perlu diperhatikan sebelum kamu memutuskan untuk mencari rumah di jual di Jakarta Selatan.

Tips Cari Rumah Dijual di Jakarta Selatan

Agar bisa mendapatkan hunian impian, simak tips di bawah ini sebelum mencari rumah dijual di Jakarta Selatan:

1. Pastikan lokasi rumah dijual di Jakarta Selatan strategis dan aman

Salah satu daya tarik banyak orang tinggal di Jakarta Selatan adalah lokasinya yang strategis. Pastikan lokasi rumah yang akan kamu pilih dekat dengan pusat kota dan fasilitas umum lainnya.

Selain itu, faktor keamanan juga bisa kamu jadikan pertimbangan, nih. Jangan sampai saat membeli rumah jadi menyesal karena daerahnya yang rawan banjir atau kriminal.

2. Pertimbangkan desain hunian yang sesuai

Ada banyak pilihan rumah dijual di Jakarta Selatan yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan. Nah, salah satu cara mudah yang bisa kamu lakukan untuk mempersempit pilihan yaitu dengan menyesuaikan pilihan desain.

Pasalnya, rumah di Jakarta Selatan memiliki berbagai macam desain mulai dari minimalis, tropis, hingga rumah dengan halaman belakang luas. Kamu bisa menentukan desain yang diinginkan terlebih dahulu di awal sebelum mencarinya lebih lanjut.

3. Cari unit rumah di jual di internet

Saat ini sudah banyak situs yang memudahkanmu untuk mencari rumah impian. Bahkan, kamu juga bisa mencarinya dengan menggunakan sejumlah filter untuk membuat pilihan yang muncul semakin mendekati hasil yang diinginkan.

Penggunaan internet dalam mencari rumah akan membantumu menghemat waktu. Beberapa situs seperti Dekoruma Properti bisa kamu jadikan pilihan untuk mencari referensi rumah.

4. Survei langsung ke lokasi

Nah, setelah kamu berhasil mendapatkan referensi rumah yang diinginkan, langkah selanjutnya adalah survei langsung ke lokasi. Survei menjadi hal penting yang perlu kamu lakukan untuk mengetahui kondisi fisik bangunan.

Gunakan alamat yang ada di internet sebagai alat bantu untuk mendatangi unit rumah yang dijual. Setelah itu, kamu bisa memeriksa secara langsung kondisi bangunan mulai dari material yang digunakan hingga lingkungan di sekitanya.

5. Ketahui kelengkapan dokumen

Kelengkapan dokumen dalam melakukan transaksi jual beli rumah merupakan hal yang penting untuk diketahui. Pasalnya, hal ini akan menentukan legalitas dan kepemilikan rumah yang ingin ditempati.

Pastikan rumah yang dimiliki memiliki sertifikat entah itu Sertifikat Hak Milik (SHM), Sertifikat Hak Pakai (SHP), atau Sertifikat Hak Guna Bangunan (SHGB). Kepastian mengenai dokumen ini akan membuat pemilik terhindar dari konflik kepemilikan yang bisa saja terjadi di masa depan.

6. Pilih beberapa unit rumah dijual untuk memperkaya pilihan

Saat mencari rumah, alangkah lebih baik kalau kita tidak hanya terfokus pada satu unit saja. Kamu bisa coba kantongi beberapa unit lainnya dari iklan rumah di jual yang ditemui.

Dengan mengantongi beberapa referensi unit, kamu jadi bisa mempunyai perbandingan saat hendak membeli rumah. Dengan begitu, kamu jadi bisa lebih mudah dalam memilih rumah mana yang paling cocok untuk dihuni, deh.

Itulah beberapa tips yang perlu kamu lakukan sebelum membeli unit rumah dijual di Jakarta Selatan. Pastikan proses di atas telah kamu lalui dan jangan terlalu tergesa-gesa untuk segera melakukan transaksi, ya!

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *