Logo
images

foto Ist.

Tombol Nuklir AS Bukanlah sebuah Tombol Peluncuran

Pojoknews.com, Washington DC-- Presiden Amerika kembali mengeluarkan peringatan kepada pimpinan Korea Utara Kim Jong-Un dengan menyebutkan bahwa Tramp memiliki tombol nuklir yang siap diluncurkan dan jauh lebih besar dari pada milik Korut.

Dikutip dari CNN, Kamis (04/01/2018), seorang Presiden Amerika Serikat bukan memiliki tombol nuklir di mejanya melainkan sebuah tas tangan atau koper kecil yang menjadi sarana Presiden AS untuk memberikan izin diluncurkannya nuklir.

Seperti yang dilansir Detik News, “Sistemnya bukan sebuah tombol yang bisa secara tidak sengaja tertekan Presiden yang sedang bersandar di mejanya dan tiba-tiba membuat rudal-rudal meluncur, seperti yang saya pikir dikhawatirkan banyak orang di publik,” unkap Dr. Peter Feaver yang merupakan profesor kebijakan publik dan ilmu politik pada Duke University, North Carolina, kepada parlemen AS, tahun lalu.

Tas yang selama ini dibayangkan publik merupakan peralatan yang berupa tombol peluncuran nuklir, ternyata berisikan peralatan dan dokumen-dokumen pengambilan keputusan yang akan digunakan Presiden AS saat memerintahkan peluncuran roket.

Tas itu selalu di bawa ajudan Presiden AS dan mengikuti kemanapun dia bepergian dan saat dia berada jauh dari pusat komando seperti yang ada di Ruang Situasi Gedung Putih Washington DC

"Presiden sendiri tidak bisa menekan tombol dan membuat rudal-rudal meluncur. Dia hanya bisa memberikan perintah resmi yang akan diikuti oleh pihak lain dan kemudian rudal akan meluncur," imbuh Dr Peter Feaver. [Jp/berbagai sumber]


TAG , ,

Dipost Oleh Jhon Pantau

Jhon Pantau adalah Super Admin dari pojoknews.com Dengan ideologi kebangsaan, Jhon Pantau berniat menyajikan berita dibalik fakta.

Tinggalkan Komentar