Logo
images

Sistem Baru SBMPTN 2019 Pilih Kampus Belakangan Setelah Lulus Tes

Pojoknews.com,-- Seleksi masuk universitas merupakan salah satu hal penting bagi siswa smu/sma/sederajat. Aturan dan kebijakan yang kian berubah-ubah juga menjadi perhatian para siswa. Senin (22/10/08) tadi, Menristek Dikti dan pihak terkait gelar press conference khusus yang membahas system baru SBMPTN 2019.

Jalur masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) sendiri sebenarnya ada tiga, yaitu SNMPTN, SBMPTN dan Mandiri. Letak perbedaan ke tiganya jalur tersebut hanya dari segi kuota.

Jalur SNMPTN, kuota minimalnya adalah 20% dari kuota daya tampung setiap prodi di PTN. Hal yang dilihat ialah dari penelusuran prestasi dan portfolio akademik. Biaya pun ditanggung pemerintah.

Jalur SBMPTN, kuota minimalnya adalah 40% dari kuota daya tampung setiap prodi di PTN. Penilaiannya berdasar pada hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) SBMPTN dan kriteria lain yang disepakati PTN. Pelaksanaan tes menggunakan komputer. Sedangkan biayanya ditanggung peserta dan subsidi pemerintah.

Sedangkan Jalur Mandiri, kuota maksimalnya adalah 30% dari kuota daya tampung setiap prodi di PTN. Beberapa kampus malah mungkin nggak buka jalur ini. Hal yang dilihat ialah dapat dari hasil UTBK SBMPTN.

Perbedaan kuota tiap jalur ini berangkat dari hasil evaluasi pihak terkait dari penyelenggaraan seleksi masuk sebelumnya dan mahasiswa selama di PTN.

Tes dulu, baru daftar kampus

Khusus SBMPTN, jalur ini mungkin yang paling banyak perubahan dan cukup revolusioner. Kalau tahun-tahun sebelumnya calon mahasiswa mendaftar dan mepilih prodi PTN kemudian mengikuti tes, di SBMPTN 2019 calon mahasiswa akan mengikuti test terlebidahulu. Kemudian nilai hasil test disesuaikan dengan prodi PTN. (JP/today.line.me/berbagai Sumber)


TAG ,

Dipost Oleh Jhon Pantau

Jhon Pantau adalah Super Admin dari pojoknews.com Dengan ideologi kebangsaan, Jhon Pantau berniat menyajikan berita dibalik fakta.

Tinggalkan Komentar