Logo
images

Serangan atas Minoritas Rohingya Direncanakan

Pojoknews.com, JENEWA-- Kepala Hak Azazi Manusia Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Zeid Ra’ad Al Hussein mengatakan Pemerintah Myanmar secara sistematis dan terencana telah melakukan penyerangan terhadap minoritas Rohingya. Akibat penyerangan tersebut, penduduk Rohingya di negara bagian Rakhine eksodus secara besar-besaran ke negara tetangga, Bangladesh.

Komisaris Tinggi PBB untuk Hak Asasi Manusia Zeid Ra’ad Al Hussein berkomentar, “Bagi kami, sudah jelas bahwa operasi ini diatur dan direncanakan. Anda tidak bisa mengesampingkan kemungkinan tindakan genosida. Anda tidak bisa mengatasinya karena telah terjadi atau masih terjadi.”

Lebih dari 655.000 minoritas Muslim telah melarikan diri melintasi perbatasan ke distrik Cox’s Bazar di tenggara Bangladesh sejak kampanye militer dimulai. Doctors Without Borders pernah menyatakan setidaknya 6.700 masyarakat Rohingya tewas dalam bulan pertama akibat tindakan keras tentara Myanmar di negara bagian Rakhine yang dimulai pada bulan Agustus.

Myanmar membantah secara konsisten telah melakukan kekejaman di Rakhine. Pihak pemerintah Myanmar menyatakan bahwa tindakan tersebut merupakan tanggapan yang proporsional terhadap milisi Rohingya yang menyerang pos polisi pada 25 Agustus dan menewaskan sekitar belasan petugas.

Zein Ra’ad Al Hussein mengatakan bukti tersebut tampaknya tidak mendukung hal itu dan justru menunjukkan adanya peningkatan kekerasan tahun lalu serta telah memicu sekitar 300.000 orang Rohingya untuk melarikan diri ke Bangladesh. [samar/jp/cna/sp/berbagai sumber]


TAG , ,

Dipost Oleh Jhon Pantau

Jhon Pantau adalah Super Admin dari pojoknews.com Dengan ideologi kebangsaan, Jhon Pantau berniat menyajikan berita dibalik fakta.

Tinggalkan Komentar