Logo
images

Jenderal Fang Fenghui diduga terpapar kasus korupsi. (foto:ist)

Seorang Jenderal di Tiongkok Dicokok Karena Diduga Terpapar Korupsi

POJOKNEWS.COM, BEIJING-- Karena diduga terpapar kasus tindak pidana korupsi, Fang Fenghui, seorang jenderal di Cina yang duduk di Komisi Militer Pusat dicokok pihak berwenang untuk dimintai keterangannya. Komisi Militer Pusat Tiongkok adalah institusi militer tertinggi di bawah Presiden Xi Jinping.

Jenderal Fang sebelumnya menjabat sebagai ketua Departemen Staf Gabungan dari Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) dan ia digantikan pada bulan lalu. Tak ada keterangan resmi berkenaan dengan apa yang terjadi terhadapnya seperti apakah ia dimutasi ke posisi lain atau pensiun.

“Fang Fenghui ditanyai perihal permasalah ekonomi,” kata seorang narasumber yang dekat dengan kekuasaan pada kantor berita Reuters. Istilah “permasalahan ekonomi” sering dipakai dalam kosa kata pergaulan di Tiongkok sebagai tindak pidana korupsi.

Seorang narasumber lain mengatakan bahwa Jenderal Fang telah ditahan. Narasumber ke-3 yang tak mau disebut jati dirinya pun mengatakan Jenderal Fang ditahan atas dugaan korupsi setelah menjalani sesi interogasi.

Dalam konferensi pers pekan lalu, juru bicara Kementerian Pertahanan Tiongkok, Ren Guoqiang, menolak memberi keterangan terkait keberadaan Jenderal Fang. Tahun depan, Fang berusia 67 tahun dan biasanya petinggi militer Tiongkok mengambil masa pensiun di usia itu.

Hingga saat ini Kementerian Pertahanan Tiongkok masih bungkam terkait situasi yang membelit Jenderal Fang. Pihak tersangka maupun pengacaranya pun sulit dihubungi untuk dimintai penjelasan atas kebenaran informasi dari 3 narasumber tersebut.

Pemberantasan korupsi hingga ke akar-akarnya di jajaran Angkatan Bersenjata jadi fokus kampanye dari Presiden Xi. Masalah korupsi, disebut Xi telah jadi masalah amat serius yang bisa mengancam ke langgengan kekuasaan Partai Komunis Tiongkok (PKT).

Sejak Xi berkuasa 4 tahun lalu, puluhan petinggi militer berhasil diciduk dan diseret ke penjara. Petinggi militer Tiongkok yang berhasil diseret ke meja hijau dan mendekam ke balik jeruji diantaranya adalah mantan wakil ketua Komisi Militer Pusat Tiongkok yang bernama Xu Caihou dan Guo Boxiong.

Guo dikenai hukuman penjara seumur hidup tahun lalu. Sementara Xu meninggal karena kanker pada 2015 sebelum ia dibawa pengadilan.

Perombakan Militer

P ada bagian lain, PKT dilaporkan telah melakukan perombakan di jajaran Angkatan Bersenjata Tiongkok. Pekan lalu, partai berkuasa di Tiongkok telah mengumumkan dua jenderal baru akan memimpin Angkatan Darat dan Angkatan Udara.

Menyikapi perang terhadap korupsi di tubuh militer, bulan lalu harian People’s Liberation Army menulis bahwa militer harus dilindungi dari ancaman korupsi sebelum “nasi berubah menjadi bubur”. Komentar juga disampaikan oleh petinggi dan mantan petinggi militer Tiongkok bahwa tindak pidana korupsi di jajaran militer bisa mempengaruhi kemampuan Tiongkok dalam berperang.

Peranag terhadap korupsi digencarkan Presiden Xi sebagai upaya bisa memodernisasi Angkatan Bersenjata Tiongkok yang bakal melindungi kedaulatan Tiongkok dalam sengketa di Laut Tiongkok Selatan dan Timur.(cam/ Rtr/I-1/Kj/berbagai sumber)


TAG , , ,

Dipost Oleh Jhon Pantau

Jhon Pantau adalah Super Admin dari pojoknews.com Dengan ideologi kebangsaan, Jhon Pantau berniat menyajikan berita dibalik fakta.

Tinggalkan Komentar