Logo
images

Kelompok Mana Saja di Balik Demo 411

POJOKNEWS.COMPaling tidak ada empat kelompok kepentingan di balik aksi demonstrasi pada Jumat, 4 November lalu, yang masing-masing memiliki kepentingan berbeda dalam momentumyang sama menurut pengamat politik dari Indo Barometer Muhammad Qodari.

 

Kelompok mana saja di balik aksi demonstrasi 4 November lalu? “Aksi demo pada Jumat kemarin, merupakan massa demonstrasi yang terbesar di Indonesia sampai saat ini. Meskipun aksi demonstrasi dilakukan umat Islam, tapi kepentingan belum tentu sama, “ kata Muhammad Qodari pada diskusi “Dialektika: Siapa Aktor Demo 411” di Gedung MPR/DPR/DPD, Senayan Selasa 8 November 2016.

 

Menurut Dodari, keempat kelompok yang memiliki kepentingan tersebut adalah :

 

Pertama, kelompok yang tersinggung pada pernyataan Ahok terkait dengan surat Al Maidah. Kelompok pertama ini terdiri dari organisasi umat Islam, seperti Nahdatul Ulama (NU), Muhammadiyah, dan organisasi lain yang memiliki banyak jemaah.

 

Kedua, kelompok miskin kota, yang tergusur oleh kebijakan Ahok sebagai Gubernur DKI Jakarta. Mereka adalah masyarakat miskin di DKI Jakarta yang tempat tinggalnya digusur oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk pembangunan kawasan kelas atas.

 

Ketiga, kelompok yang menginginkan turunnya elektabilotas Ahok sebagai calon Gubernur DKI Jakarta pada pilkada serentak tahun 2017. Menurut dia, kelompok ketiga ini berasal dari partai politik yang juga menjagokan pasangan calon Gubernur-Wakil Gubernur lainnya.

 

Keempat, kelompok lawan politik pasangan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla, yang sasarannya untuk menurunkan legitimasi pemerintah.

 

Qodari menjelaskan, meskipun di balik aksi demo tersebut ada empat kelompok kepentingan, namun isu utama dalam aksi demonstrasi tersebut adalah menuntut Ahok diproses hukum.

 

Namun, tidak tertutup kemungkinan ada isu-isunya yang tersembunyi,” katanya seperti diberitakan Antara. (JP/ANTARANEWS/Berbagai Sumber).


TAG , , , ,

Dipost Oleh Jhon Pantau

Jhon Pantau adalah Super Admin dari pojoknews.com Dengan ideologi kebangsaan, Jhon Pantau berniat menyajikan berita dibalik fakta.

Tinggalkan Komentar