Logo
images

Senjata yang digunakan untuk memerangi kelompok teroris. (foto:ist)

Jangan Ribut... Amerika Kirim Senjata ke Filipina

POJOKNEWS.COM, Manila-- Kabar pengiriman senjata ke Filipina oleh pemerintah Amerika Serikat untuk memerangi aksi terorisme di Marawi, akhirnya menjadi kenyataan. Sejumlah amunisi dan senjata dikirimkan pemerintah Amerika Serikat ke angkatan bersenjata Filipina , AFP untuk membantu melawan kelompok teroris. Seperti dikutip Sputnik, pada Sabtu (29/7/2017) lalu, Washington mengirimkan 999 roket, 1.040 motor roket, 250 peluncur granat berpeluncur roket dan 1000 peluncur granat di masa depan.

"Amunisi dan pengiriman senjata akan meningkatkan kemampuan kontraterorisme AFP, dan secara langsung mendukung anggota AFP yang secara aktif terlibat dalam operasi kontraterorisme di Filipina selatan, termasuk di kota Marawi," kata pernyataan itu. Menurut misi diplomataik Amerika Serikat, pengiriman senjata tersebut terjadi dalam kerangka Mutual Logistics Support Agreement (MLSA). Dan seperti diketahui aksi kekerasan kelompok teroris di Marawi telah memakan banyak korban di kedua belah pihak,baik militer Filipina maupun masyarakat setempat.

 “Dan pengiriman senjata atau bantuan tersebut merupakan langkah kongkrit Amerika Serikat untuk membantu Filipina memerangi aksi terorisme di Marawi yang hingga kini masih berlangsung secara simultan. Dan kasus Marawi tidak bisa diselesaikan Filipina sendirian, tanpa adanya bantuan atau dukungan dari pihak luar dan kebetulan Amerika bersedia meski dengan alasan MLSA. Tapi intinya Amerika membantu Filipina menyelesaian Marawi,” jelas Sudrajat Setiawan, praktisi dan pegiat masalah sosial bidang luar negeri dari FAJAR. Akankah pertempuran di Marawi berkurang dengan adanya pasokan senjata dari Amerika Serikat ke tentara Filipina? (cam/berbagai sumber/snd)


TAG , , ,

Dipost Oleh Jhon Pantau

Jhon Pantau adalah Super Admin dari pojoknews.com Dengan ideologi kebangsaan, Jhon Pantau berniat menyajikan berita dibalik fakta.

Tinggalkan Komentar