Logo
images

calon agen lapangan saat pelatihan bela diri. (foto : ist)

Inilah Cara CIA Rekrut Mata-Mata

POJOKNEWS.COM, Langley, Amerika Serikat-- Sejumlah tawanan di Guantanamo Bay Kuba, dijadikan agen ganda oleh CIA untuk memburu teroris. Para tahanan yang direkrut itu dilatih di dalam kamp latihan terdiri dari 8 fasilitas terletak di belakang penjara Guantanamo.

Program agen ganda itu ditujukan bagi 632 tawanan yang tiba di pusat tawanan tersebut, tahun 2002. Mereka disaring untuk dikirim pulang dan menjadi mata-mata kelompok Al Qaeda. ‘’Tugas para intelijen untuk merekrut mereka’’ tutur Emile Nakhleh, mantan analis top CIA yang bekerja di Guantanamo.

Di dalam kamp latihan bernama Penny Lane, diambil dari satu judul lagu The Beatles itu, fasilitas yang diberikan para calon agen ganda cukup menggiurkan. Selain boleh menikmati pornografi, mereka juga diberi makanan dan tempat tidur lengkap dengan kasur empuk.

Tak heran bila kamp latihan itu dijuluki pula sebagai Hotel Marriott. Hanya segelintir orang dilengkapi kode tertentu yang boleh masuk ke kamp latihan itu. Menurut sumber di CIA, dari belasan tawanan yang disaring, hanya beberapa dari beberapa negara yang ditugasi menjadi agen ganda.

Meski jumlahnya kecil, program ini menarik perhatian Presiden George W. Bush. Ia bahkan pernah mewawancara langsung seorang agen mantan tawanan yang baru kembali dari Afghanistan.

Sedangkan Barrack Obama tertarik dengan program ini tak lama sesudah menjadi presiden tahun 2009. Informasi yang didapat dari para agen ganda ini digunakan untuk menentukan sasaran pesawat tak berawak Drone.

Banyak di antara mereka bersedia membantu dengan berbagai alasan. Ada yang dijanjikan akan dijamin seluruh keluarganya. Ada yang diancam anak-anaknya akan dihabisi. Ada pula yang bersedia jadi agen ganda karena menganggap Al Qaeda menyesatkan Islam.

Dana yang dipakai untuk program ini mencapai jutaan dolar, menggunakan dana CIA yang diberi kode ‘Pledge’ atau Janji. Sejumlah pejabat militer mengatakan bahwa program agen ganda ini berakhir 2006, seiring dengan menurunnya jumlah tawanan Guantanamo.

Namun Penny Lane masih terlihat berdiri di foto satelit Google. Pos penjaga di pintu gerbang sudah ambruk dan kompleks itu dikelilingi dua pagar berduri terlindung di antara pohon dan semak di Guantanamo Bay. (berbagai sumber/sam)


TAG , , ,

Dipost Oleh Jhon Pantau

Jhon Pantau adalah Super Admin dari pojoknews.com Dengan ideologi kebangsaan, Jhon Pantau berniat menyajikan berita dibalik fakta.

Tinggalkan Komentar