Logo
images

Indonesia Dilirik Platform Payment Gateway Asal China

Pojoknews.com, Jakarta-- Indonesia ternyata tidak sekedar menjadi tujuan para wisatawan asing untuk berlibur. Para pengusaha dunia digital juga kini memasukkan Indonesia kedalam daftar tujuan ekspansinya.

Dua platform pembayaran digital asal China, yakni Wichat Pay dan Alipay berminat mengembangkan bisnisnya di Indonesia.

Alipay sendiri adalah platform pembayaran digital yang dikembangkan Alibaba Group pada Ferbruari 2004 di Hangzhou, China.

Sedangkan Wechat Pay adalah platform pembayaran digital yang kini terhitung cukup besar dengan 800 juta pengguna aktif.

Bank Indonesia menilai, ekspansi kedua platform pembayaran digital tersebut di Indonesia berpotensi mendukung sector pariwisata, karena bias mendatangkan devisa.

“Intinya kita ingin dukung pariwisata masuk, karena turis masuk membawa devisa tentunya baik bagi perkembangan UNKM, tenaga kerja, handycraft, “ ungkap Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia Mirza Adityaswara di Kompleks Bank Indonesia (23/10/18).

Turis asal China yang dating ke Indonesia cukup potensial. Tercatat, pada semester I 2018 jumlah wisatawan mancanegara yang masuk ke Indonesia mencapai 7,53 juta orang. Dan turis China menyumbang 1,04 juta orang.

“Semakin lama, turis Tiongkok semakin penting bagi Indonesia. Di Tiongkok pengguna alat pembayaran Wechat dan Alipay sudah sangat dominan sehingga kalau kita mau undang turis masuk, harus bias difasilitasi,” lanjutnya.

Namun demikian, pada prinsipnya, Bank Indonesia terus mendorong system pembayaran nontunai di dalam negeri.

Jika Wechat Pat dan Alipay berminat ekspansi, BI menyaratkan agar kedua platform tersebut bekerja sama dengan perbangkan nasional.

“Wechat dan Alipay harus bekerja sama dengan perbangkan dalam negeri,” imbuhnya.

Di tempat yang sama, Deputi Gubernur Bank Indonesia, Sugeng menyampaikan, saat ini Wechat dan Alipay sudah bertemu untuk menjajaki kerja sama dengan PT. Bank Negara Indonesia Tbk. (JP/tribunnews.com/berbagai sumber)


TAG , , , , , Bisnis

Dipost Oleh Jhon Pantau

Jhon Pantau adalah Super Admin dari pojoknews.com Dengan ideologi kebangsaan, Jhon Pantau berniat menyajikan berita dibalik fakta.

Tinggalkan Komentar