Logo
images

Imam Masjid Al-Aqsa tertembak, ini Reaksi Pemerintah RI

POJOKNEWS.COM-- Penembakan yang dilakukan tentara Israel terhadap Imam Masjid Al Aqsa, Sheikh Ikrima Sabri, setelah memimpin shalat Isya berjemaah, mengundang reaksi Pemerintah Republik Indonesia (RI).

Sheikh Ikrima Sabri dikabarkan terkena peluru karet saat tentara Israel berusaha membubarkan kerumunan dalam bentrokan di kompleks masjid tersebut. Ia pun dibawa ke Rumah Sakit Al Maqassid di sebelah timur Yerusalem.

"Indonesia sangat mengecam penembakan terhadap imam Masjid al-Aqsa yang dilatarbelakangi upaya keamanan Israel untuk membubarkan paksa demonstrasi jemaah kemarin," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Indonesia Arrmanatha Christiawan Nasir, dikutip dariSindonews.

"Sebagai salah satu negara Islam terbesar, Indonesia harus suarakan kecaman. Kita juga prihatin situasinya, jangan sampai status quo di masjid tersebut berubah," kata Arrmanatha.

Lebih lanjut, Arrmanatha mengatakan bahwa Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi telah melakukan komunikasi dengan Menteri Luar Negeri Yordania Nasser Juddeh untuk membahas situasi terkini di  Al-Aqsa.

Selama pembicaraan mereka, Retno menyampaikan agar negara anggota Organisasi Konferensi Islam (OKI) di kawasan itu memberikan tekanan pada Israel untuk mengembalikan situasi dan stabilitas di kompleks Al Aqsa.

Arrmanatha mengatakan, Retno menelpon Menlu Yordania karena Raja Yordania diyakini memiliki peran penting dalam menjaga situs suci tersebut.

Pembicaraan Retno Marsudi dengan Nasser Juddeh dilakukan ketika ketegangan di kompleks Al-Aqsa meningkat, menyusul adanya langkah-langkah keamanan yang diterapkan polisi Israel di gerbang masuk Kota Tua di Yerusalem.

Langkah itu dilakukan setelah masjid ditutup selama dua hari sebagai respon atas penembakan yang menewaskan dua polisi Israel dan tiga warga Palestina. (Immank / Junaedy / Berbagai Sumber)


TAG , , , ,

Dipost Oleh Jhon Pantau

Jhon Pantau adalah Super Admin dari pojoknews.com Dengan ideologi kebangsaan, Jhon Pantau berniat menyajikan berita dibalik fakta.

1 Komentar

  1. risma

    Wallahi, Zionis Israel akan melihat keajaiban Allah dan Rahmat Allah di tanah palestina, utamanya di masjidil Al Aqsa.
    http://transparan.id

    Balas

Tinggalkan Komentar