Logo
images

Menunggu penyelamatan dibawah siraman peluru.(foto: ist)

Dunkirk,Kisah Penyelamatan 400 Serdadu Dibawah Siraman Peluru

POJOKNEWS.COM, Jakarta-- Film ini menceritakan aksi penyelamatan 400 ribu tentara sekutu yang berasal dari empat negara, yaitu Perancis,Inggris, Belanda, dan Belgia yang terdampar di sebuah pantai di kawasan Dunkirk, Perancis. Dunkirk menjadi saksi sejarah paling kelam dan mengerikan sekaligus menyeramkan dari peristiwa evakuasi serdadu pada tahun 1940 yang dilakukan Inggris atas perintah perdana menteri Winston Churchill.

Operasi Dunkirk merupakan salah satu operasi penyelamatan paling tragis antara pasukan Inggris dengan tentara Jerman pada tahun 1940, dimana satuan militer Inggris yang tengah melakukan ekspedisi bersama angkatan darat Perancis terjebak di salah satu wilayah, sementara sebagian besar lainnya masih di kota Lille. Kedua pasukan itu di gempur habis habisan oleh pasukan Jerman dari arah timur oleh Jenderal Fedor Von Bock dan dari barat Jenderal Gerd Von Runstedt.

Dunkirk merupakan film pertama Christhoper Nolan yang diadaptasi dari kisah nyata,dan menjadi film berdurasi paling pendek kedua yang pernah dibuat oleh pria kelahiran Inggris ini. Meski dibuat berdurasi pendek, Dunkirk cukup memukau dan mampu membawa penonton ke suasana pertempuran yang mencekam.

Bagi penggemar film perang, Dunkirk memiliki gaya bertutur yang unik dan berbeda dengan film perang lainnya.Dunkirk dikisahkan dari tiga sudut pandang berbeda,yaitu dari The Mole atau tanggul, The Sea atau pantai, dan The Air atau udara. Meski ketiga bagian ini mengambil waktu yang berbeda satu sama lain, namun memiliki mata rantai yang saling terhubung.

Bagi penonton yang awam,memang agak terasa membingungkan karena adanya cerita yang maju mundur di dalamnya.Sebagai sutradara,tampaknya Christhoper Nolan memiliki trik tersendiri untuk menjadikan Dunkirk film yang berkelas hingga perlu digarap berbeda.

Angle pertama atau The Mole, film ini menceritakan tentang seorang tentara Inggris bernama Tommy (Fion Whitehead) yang bersusah payah mempertahankan hidupnya hanya demi untuk kembali kerumah.

Angle kedua,yaitu The Sea menceritakan tentang pemilik kapal pesiar bernama Dawson (Mark Rylance) dan anaknya, Peter (Tom Glynn-Carney) di temani seorang penduduk lokal yang  menghabiskan waktunya hanya untuk menyelamatkan para serdadu dari sergapan peluru tentara Jerman di kawasan Dunkirk.

Dan yang ketiga, The Air bertutur tentang dua pilot asal Royal Air Force bernama Farrier (Tom Hardy) dan Collins (Jack Lowden) yang setengah mati ingin menjatuhkan pesawat tempur lawan hingga luluhlantak di atas samudera.

Ketiga kisah heriok tersebut dituangkan Nolan cukup apik dan menyentuh,sehingga tanpa terasa film mendekati ending paling mengenaskan.

Inilah tontonan akhir pekan yang memiliki daya pikat dan punya nilai lebih dibandingkan film Hollywood lainnya,seperti Baywatch yang mengumbar bikini,bokong dan payudara yang menonjol ,Wonder Woman yang menabrak logika dan akal sehat atau Despicable Me 3 yang dibuat untuk memasarkan program Iluminati dengan menampilkan tokoh bermata satu sebagai pahlawannya. (Sam)


TAG ,

Dipost Oleh Jhon Pantau

Jhon Pantau adalah Super Admin dari pojoknews.com Dengan ideologi kebangsaan, Jhon Pantau berniat menyajikan berita dibalik fakta.

Tinggalkan Komentar